Tips Penerapan Bahasa Penulisan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Posted on

Jika membahas tentang surat lamaran pekerjaan, sedianya sudah tidak asing lagi bagi anda para pencari pekerjaan. Bagi yang sudah berpengalaman dalam hal penulisan surat lamaran pekerjaan pastinya tahu dan paham. Sementara yang masih awam, tidak usah khawatir karena di sini sudah admin siapkan informasi tentang contoh surat lamaran pekerjaan. Dalam melamar sebuah pekerjaan di instansi, kantor bahkan perusahaan memang memerlukan yang namanya surat lamaran pekerjaan. Dengan adanya surat lamaran tersebut nantinya mempengaruhi apakah anda nantinya diterima atau tidak.

suratresmi.net

Sebagaimana diketahui, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu macam dari surat pribadi setengah resmi. Yang mana harus benar-benar dijaga dalam penggunaan bahasa penulisannya. Dan yang paling penting adalah lewat surat lamaran pekerjaan, anda harus bisa mempromosikan diri anda dengan sebaik-baiknya. Supaya nantinya bisa nilai tambahan tersendiri bagi instansi, kantor bahkan perusahaan yang anda tuju. Tidak banyak yang tahu persisnya bagaimana penulisan sebenarnya dari surat lamaran pekerjaan ini. Pemahaman dan juga keterampilan akan menulis surat lamaran tersebut sangatlah penting untuk bisa menunjang keberhasilan anda nantinya.

Pada dasarnya bentuk dari surat lamaran pekerjaan adalah surat setengah resmi sebagaimana yang sudah admin jelaskan di atas. Dan dalam surat lamaran pekerjaan tersebut sudah dinyatakan secara gamblang bahwasanya seseorang sedang ingin melamar pekerjaan. Yang mana sesuai dengan kriteria dari instansi, kantor maupun perusahaan.

Tiga Penggunaan Bahasa Penulisan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam penggunaan gaya bahasa penulisannya memang harus benar-benar diperhatikan. Jadi tidak sembarangan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Karena tujuan utama dari surat lamaran tersebut ada kaitannya dengan instansi, kantor atau mungkin perusahaan. Untuk lebih jelasnya dalam penggunaan bahasa penulisan contoh surat lamaran pekerjaan sebagai berikut.

Pertama, menerapkan gaya bahasa penulisan yang baik dan juga benar. Nah bahasa penulisan yang digunakan harus sesuai. Selain itu bahasa yang sopan dan tidak bertele-tele, harus fokus dengan satu tujuan.

Kedua, memakai kata-kata yang sopan. Perlu anda ketahui, dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, jangan sampai anda meminta belas kasihan. Yang mana sifatnya merendahkan martabat anda sendiri. Jadi harus menggunakann kata-kaa yang sopan, ringkas dan sederhana

Ketiga, tulisan harus sesuai kaidah ejaan. Banyak yang tidak paham dengan poin ini, mengenai kaidah ejaan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Kaidah yang dimaksud adalah ejaan yang disempurnakan atau disebut dengan EYD. Jadi tetap usahakan harus sesuai EYD dan jangan sampai anda ceroboh.

Demikianlah pemaparan terkait tips penerapan bahasa penulisan contoh surat lamaran pekerjaan. Semoga dengan adanya pemaparan ini anda bisa menulis surat lamaran pekerjaan ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

  1. Bahasa Yang Digunakan Dalam Contoh Surat Pribadi

Sekarang ini memang kegiatan surat menyurat dengan manual sudah jarang sekali dilakukan. Pastinya hal ini dikarena sekarang ini sudah ada banyaknya sarana teknologi. Yang mana menyediakan sistem pengiriman surat menyurat secara elektronik. Namun hal tersebut bukan berarti sistem pengiriminan surat menyurat dengan manual tidak digunakan lagi. Sistem penulisan surat menyurat manual masih digunakan karena memang ada sejumlah orang yang memiliki hobi menulis surat. Sebagai contoh surat pribadi. Yang mana digunakan oleh seseorang untuk keperluannya pribadi maupun personal dengan tujuan instansi atau lembaga lainnya.

Mengenai penulisannya, surat pribadi sendiri menggunakan bahasa yang bisa disesuaikan keperluannya. Bisa menggunakan bahasa baku maupun bahasa tidak baku. Meski pun begitu, penulisan isi dari surat pribadi tersebut memang harus bisa memperhatikan etika serta bisa menggunakan bahasa penulisan yang sopan. Untuk bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan penulisannya maka yang harus anda lakukan adalah memperhatikan jenis surat pribadi. Yang hendak anda tulis nantinya. Dengan begitu anda nantinya tidak kebingungan dalam hal penggunakan bahasa penulisan surat pribadi.

Dua Macam Contoh Surat Pribadi

Seperti yang sudah admin sampaikan di atas, dalam contoh surat pribadi, ada 2 jenis surat pribadi. Yang mana harus tepat dalam penggunaan bahasa penulisannya. Dari 2 jenis surat pribadi yang bisa anda pahami sebagi berikut:

Pertama, surat pribadi yang bersifat tidak resmi. Mengenai jenis surat pribadi ini memang ditulis dan dikirim oleh seseorang, yang ditujukan kepada kerabatnya maupun keluarganya. Dan bahasa penulisan yang digunakan dalam penulisan surat pribadi jenis ini bahasa tidak baku. Akan tetapi harus tetap memperhatikan etika kesopanan berkomunikasi. Surat pribadi ini pada umumnya ditulis dalam bentuk tulisan tangan bukan ketikan.

Kedua, surat pribadi yang bersifat setengah resmi. Berbeda dengan jenis surat pribadi poin satu di atas tadi. Surat pribadi yang satu ini memang bersifat setengah resmi. Dengan kata lain memang dibuat seseorang pribadi dengan tujuan instansi atau pejabat. Bahasa penulisan untuk surat pribadi jenis ini menggunakan bahasa baku. Yang mana tidak mengesampingkan aturan-aturan tertentu yang sudah tertera. Untuk surat pribadi bersifat setengah resmi ini terbagi menjadi 2 bagian diantaranya surat lamaran pekerjaan dan surat permohonan.

Setelah anda paham mengenai bahasa yang digunakan dalam contoh surat pribadi. Dan paham beberapa jenis surat pribadi yang bisa nantinya anda buat. Semoga bermanfaat dan selalu memberi anda kemudahan.

 

  1. Manfaat Belajar Dari Contoh Surat Menyurat Pribadi

Berbicara tentang surat menyurat sebenarnya sudah kita jumpai pada waktu masih sekolah dasar. Yang mana menjadi materi pelajaran bahasa Indonesia. Pelajaran tersebut tidak mungkin bisa terlupakan namun sekarang untuk mempraktekannya sudah jarang sekali. Dulu seringkali kita membuat surat pribadi dengan maksud dan tujuan memberikan sebuah kabar kepada keluarga, saudara atau mungkin orang lain. Namun sekarang kegiatan surat menyurat sudah meredup dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin modern. Dan untuk bisa menulis surat pribadi harus mencari contoh surat pribadi tersebut melalui internet lebih dahulu.

Perlu anda ketahui, sebenarnya dalam kegiatan surat menyurat khususnya surat pribadi ini memiliki banyak manfaatnya. Dan hal ini sangatlah disukai oleh sejumlah orang yang suka atau hobi surat menyurat. Bagi anda yang memang belum tahu pastinya apa saja manfaat yang bisa anda peroleh dari kegiatan surat menyurat ini. Sedianya bakal admin bahas keseluruhan terkait manfaat tersebut. Supaya anda paham dan mengerti pentingnya surat menyurat tempo dulu. Yang tergolong dari surat pribadi sangatlah banyak. Yang terpenting dalam surat pribadi tersebut mewakili perasaan dari si penulis untuk bisa disampaikan kepada orang tujuannya.

Beberapa Manfaat Contoh Surat Menyurat Macam Pribadi

Mengenai contoh surat menyurat khususnya surat pribadi yang mana memiliki banyak manfaat. Belum banyak orang yang tahu pastinya. Sehingga membuat surat menyurat meredup karena kalah dengan perkembangan teknologi seperti saat ini. Sebenarnya kegiatan surat menyurat khususnya surat pribadi masih saja diperlukan oleh orang. Sebagai contohnya membuat surat ijin tidak masuk sekolah atau kerja. Surat tersebut sudah masuk ke surat pribadi yang mana memberitahukan kondisi keadaan anda saat ini. Untuk lebih sopannya ya harus melalui kegiatan surat menyurat. Baiklah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh adalah sebagai berikut.

Pertama, bisa mengekspresikan berbagai macam perasaan. Perlu anda ketahui, seseorang tentunya bakal lebih mudah mengungkapkan isi hatinya melalui tulisan ketimbang lisan. Pasalnya media surat menyurat ini bisa menata hati seseorang dan kalimatnya sebelum ditulis.

Kedua, seseorang bisa mengembangkan gagasan dalam surat pribadi. Berbeda dengan surat resmi, mengenai surat pribadi ini sedianya seseorang dapat dengan mudah mengembangkan gagasannya tanpa adanya batasan.

Ketiga, bahasa yang digunakan bisa disesuaikan dengan bahasa sehari-hari. Jadi anda nantinya bisa menggunakan bahasa sehari-hari yang mana sopan dan mudah dipahami.

Itulah tadi sedikit banyaknya manfaat dari contoh surat menyurat macam pribadi. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua yang memang ingin melakukan kegiatan surat menyurat. Sekian terima kasih.

 

  1. Tips Contoh Surat Pribadi Sesuai Dengan Penulisan

Sebagaimana diketahui, dulu pada zamannya kegiatan surat menyurat sangatlah ramai. Sebelum adanya telephone hingga kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Meski pun saat ini hanya ada sebagian kecil penduduk Indonesia yang masih memanfaatkan kegiatan surat menyurat. Yang pasti sebagai media untuk mengirimkan kabar kepada keluarga atau mungkin orang lain. Karena berkurangnya minat orang-orang untuk surat menyurat, membuat mereka lupa akan bagaimana cara yang tepat untuk membuat surat pribadi. Oleh sebab itulah banyak yang mencari contoh surat pribadi yang benar sesuai dengan penulisannya.

Mengenai hal itu, bagi diri anda yang memang lupa atau mungkin belum pernah membuat surat pribadi. Tidak usah bingung, karena dengan mengakses artikel admin ini, sudah menjadi keputusan tepat anda. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah menyimak dan mempelajari ulasan dari admin. Di mana nantinya bisa membantu anda untuk bisa membuat surat pribadi. Jikakalau nantinya anda membutuhkan media surat menyurat.

Sebelum anda membuat surat pribadi, tentunya anda harus tahu pastinya pengertian tentang surat pribadi. Banyak yang berpendapat bahwasanya surat pribadi merupakan media surat menyurat yang mana dibuat oleh seseorang. Dalam hal mengirim kabar atau mungkin menyampaikan sesuatu persoalan yang bersifat pribadi. Surat pribadi ini bisa dibuat dengan menggunakan bahasa anda sehari-hari dan memang tidak terikat. Namun anda harus memperhatikan segala sesuatunya untuk bisa membuat surat pribadi dengan baik dan benar.

Struktur Contoh Surat Menyurat Pribadi

Sebagaimana yang admin jelaskan mengenai segala sesuatunya mengenai contoh surat pribadi. Memang anda diharuskan mempelajarinya supaya nantinya anda tidak asal membuat surat pribadi. Meskipun bahasa yang anda gunakan nantinya adalah bahasa anda sehari-hari. Baiklah yang admin maksud dengan segala sesuatunya adalah mengenai struktur yang terdapat pada surat pribadi. Diantaranya:

Pertama, tempat dan juga tanggal surat. Terkiat tempat dan juga tanggal surat ini memang harus ada. Dengan tujuan sebagai informasi di mana kah tempat dan juga tanggal berapa kah surat pribadi tersebut ditulis. Dan untuk posisi penulisan tempat dan juga tanggal surat pribadi dapat di sisi kiri atau kanan bagian atas.

Kedua, tujuan kemanakah surat pribadi tersebut. Untuk hal ini yang perlu anda tulis adalah nama dan juga alamat orang tujuan anda. Mengenai penulisan tujuan surat pribadi harus benar-benar jelas.

Ketiga, salam pembuka. Mengenai poin ketiga salam pembuka ini bisa anda tulis sesuai bahasa yang anda gunakan. Bisa dengan salam seperti assalamualaikum atau dengan kata lainnya.

Keempat, bagian isi. Untuk bagian isi ini ada hal yang perlu anda perhatikan. Terkait paragraf yang anda gunakan dalam penulisan surat pribadi. Ada tiga paragraf yakni paragraph pembuka, kemudian paragraf inti dan juga paragraf penutup.

Kelima, salam penutup. Ada salam pembuka pastinya ada salam penutup. Untuk penulisannya bisa menggunakan gaya bahasa anda sendiri. Seperti wassalamualaikum.

Keenam, nama juga tanda tangan dari pengirim surat. Struktur terakhirnya adalah nama terang dan juga tanda tangan dari si pengirim. Mengenai hal ini harus benar-benar diperhatikan juga.

Baiklah, setelah anda mempelajari tips contoh surat pribadi sesuai dengan penulisannya. Pastinya anda sudah bisa dengan mudah menerapkannya. Selamat mencobanya dan tetap pergunakan media surat menyurat untuk berkirim kabar.

 

 

  1. Tips Menulis Surat Resmi Berdasarkan Contoh Surat Yang Sesuai

Berbicara mengenai surat resmi, sebagian dari anda sudah tahu pastinya. Dan bagaimana cara membuat surat resmi tersebut sesuai dengan contoh surat yang baik. Namun terkadang dalam penulisannya kita lupa akan beberapa poin penting terkait bagian-bagian surat menyurat yang mana sifatnya resmi tersebut. Walau pun aktifitas surat menyurat memang mulai berkurang karena adanya perkembangan zaman dan teknologi. Mulai dari sms, whatsapp, email,  dan juga bbm yang mana sudah masuk dikehidupan sehari-hari.

Akan tetapi berbeda dengan aktifitas surat menyurat biasanya. Karena memang aktifitas surat menyurat yang satu ini sedianya masih tetap diperlukan hingga sampai saat ini. Hal ini dikarenakan, surat resmi sendiri memang masih dibutuhkan dalam aktifitas instasi pemerintahan atau mungkin lembaga yang berbadan hukum. Yang jelas yang bisa mengeluarkan surat resmi adalah instasi pemerintahan dan lembaga berbadan hukum.

Biasanya dalam surat resmi sendiri terdapat kop surat. Dan kop surat tersebut berlabelkan lembaga instasi resmi dari pemerintahan maupun lembaga yang berbadan hukum. Dan untuk bisa memperoleh keabsahan hukum, serta wajib tercatat pada arsip surat dari catatan sipil di setiap lembaga instansi yang memang mengeluarkan surat tersebut. Nah jika anda lupa akan beberapa poin penting dalam pembuatan surat resmi. Kali ini admin sudah menyiapkan beberapa ciri-ciri dari surat resmi yang bisa anda pelajari.

Ciri-Ciri Contoh Surat Resmi Yang Sesuai

Perlu anda ketahui, setiap contoh surat resmi sedianya mempunyai ciri-ciri yang memang harus diketahui. Dan dengan hal inilah sedianya anda nantinya bisa membedakan antara surat tidak resmi dengan surat resmi. Adapun ciri-ciri yang bisa anda pelajari mengenai surat resmi diantaranya sebagai berikut:

Pertama, kepala surat atau kop surat. Dalam surat resmi memang terdapat kepala surat yang mana menunjukan dari mana asal surat tersebut. Biasanya di dalam kop surat tersebut terdapat logo dari instasi pengirim, alamat, hingga alamat email yang jelas.

Kedua, nomor surat. Perlu diketahui bahwasanya hanya instasi pemerintahan maupun lembaga berbadan hukum yang bisa mengeluarkan nomor surat. Hal ini bertujuan sebagai pengarsipan surat menyurat.

Ketiga, perihal. Mengenai hal ini memang dalam surat resmi ada istilah perihal yang dicantumkan. Dan perlunya mencantumkan perihal adalah sebagai penanda supaya surat resmi tersebut digunakan sesuai fungsinya.

Keempat, bahasa surat. Nah dalam pembuatan surat resmi harus memperhatikan bahasa yang digunakan. Yang pasti bahasa Indonesia yang harus sesuai EYD.

Kelima, terkait pengesahan dari surat resmi. Mengenai pengesahan ini memang harus diketahui oleh instansi pemerintahan atau lembaga berbadan hukum yang membuat surat tersebut. Yang jelas ada stempel resmi dari instansi atau lembaga tersebut.

Mungkin sampai di sini saja pembahasan mengenai tips menulis surat resmi berdasarkan contoh surat yang sesuai. Semoga dengan adanya pokok bahasan tersebut, bisa membantu anda mempelajari dan memahami pembuatan surat resmi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *